Komputer Cluster

NAMA : ANIS ULINAZAH
NIM : DTI200901
DOSEN : NAHAR MARDIYANTORO, M. Kom

TUGAS AOK TENTANG KOMPUTER CLUSTER

Cluster, dalam ilmu komputer dan jaringan komputer adalah sekumpulan komputer (umumnya server jaringan) independen yang beroperasi dan terlihat oleh klien jaringan seolah-olah komputer-komputer tersebut adalah satu buah unit komputer. Proses menghubungkan beberapa komputer agar dapat bekerja seperti itu dinamakan dengan Clustering.
Cluster didesain agar meningkatkan kemampuan sebuah server, yakni dengan meningkatkan hal-hal berikut:
• Toleransi kesalahan (fault tolerance), yang dapat menyebabkan server lainnya akan mengambil alih kerja server utama ketika server utama mengalami kegagalan. Client tidak akan melihat pergantian peran ini. Dengan begitu, downtime pun dapat dikurangi secara drastis.
• Penyerataan beban (load-balancing), yang dapat mendistribusikan beban server ke semua server anggota cluster. Dengan begitu, kinerja dan skalabilitas server pun menjadi relatif lebih baik.
Beberapa sistem yang mendukung cluster antara lain:
• Windows NT Server, Enterprise Edition, dengan sebuah layanan yang disebut Microsoft Cluster Service (MSCS)
• Windows 2000 Advanced Server, dengan sebuah layanan yang disebut dengan Microsoft Clustering Service
• Windows 2000 Datacenter Server
• Windows Server 2003 Enterprise Edition (x86/IA-64/x64), dengan sebuah layanan yang disebut sebagai Microsoft Clustering Service
• Windows Server 2003 Datacenter Edition (x86/IA-64/x64)
• Solaris UNIX
• GNU/Linux
Karena menggunakan lebih dari satu buah server, maka manajemen dan perawatan sebuah cluster jauh lebih rumit dibandingkan dengan manajemen server tunggal yang memiliki skalabilitas tinggi (semacam IBM AS/400), meski lebih murah.
HPC cluster dirancang untuk mengeksploitasi kekuatan pemrosesan paralel dari beberapa node. HPC cluster yang dirancang UNTUK pemrosesan paralel mengeksploitasi Kekuatan Dari beberapa node. Mereka yang paling sering digunakan untuk melakukan fungsi yang membutuhkan node untuk berkomunikasi karena mereka melakukan tugas-tugas mereka - misalnya, ketika perhitungan hasil dari satu simpul akan mempengaruhi hasil di masa depan dari yang lain. Mereka Yang PALING SERING digunakan UNTUK melakukan Fungsi Yang membutuhkan simpul KARENA UNTUK berkomunikasi mereka melakukan Tugas-Tugas mereka - misalnya, ketika perhitungan hasil Dari Satu Simpul Akan mempengaruhi hasil di Masa depan Dari Yang lain.

Cluster HPC yang paling dikenal adalah Berkeley Seti @ Home Proyek, sebuah cluster HPC yang terdiri lebih dari 5 juta komputer relawan rumah mengabdikan daya proses untuk analisis data dari teleskop radio Arecibo Observatory. Cluster HPC Yang dikenal adalah pagar Berkeley Seti @ Home Proyek, Sebuah cluster yang terdiri HPC Yang Lebih Dari 5 juta relawan rumah mengabdikan Komputer Daya proses analisis Data UNTUK teleskop radio Arecibo Dari Observatorium.

Manfaat Manfaat Cluster Komputer Komputer Cluster

Cluster komputer menawarkan sejumlah manfaat lebih dari komputer mainframe, termasuk: Cluster Komputer menawarkan sejumlah Manfaat Lebih Dari Komputer mainframe, Termasuk:

Mengurangi Biaya: Harga off-rak-desktop konsumen telah merosot dalam beberapa tahun terakhir, dan ini penurunan harga telah berhubungan dengan peningkatan besar dalam kekuatan pemrosesan dan kinerja mereka. Mengurangi Biaya: Harga off-rak-desktop Konsumen Dalam, Telah merosot beberapa Tahun terakhir, penurunan harga murah ini berhubungan Telah DENGAN gede peningkatan Dalam, Kekuatan pemrosesan murah kinerja mereka. PC desktop rata-rata saat ini adalah banyak kali lebih kuat daripada komputer mainframe pertama. PC desktop rata-rata nya adalah SAAT BANYAK kali Lebih daripada Pertama KUAT Komputer mainframe.

Pengolahan Power: kekuatan pemrosesan paralel dari cluster kinerja tinggi dapat, dalam banyak kasus, terbukti biaya lebih efektif daripada mainframe dengan kekuatan yang sama. Pengolahan Power: Kekuatan pemrosesan paralel Tinggi Dari kinerja klaster dapat, Dalam, Kasus BANYAK, Terbukti Lebih efektif daripada biaya mainframe DENGAN Kekuatan Yang sama. Ini harga dikurangi per unit listrik memungkinkan perusahaan untuk mendapatkan ROI yang lebih besar dari anggaran TI mereka. Ini dikurangi per unit Listrik memungkinkan PERUSAHAAN UNTUK mendapatkan ROI Yang Lebih gede Dari anggaran TI mereka harga.

Peningkatan Jaringan Teknologi: Driving pengembangan cluster komputer telah kemajuan besar dalam teknologi yang berkaitan dengan jaringan, bersama dengan penurunan harga teknologi tersebut. Peningkatan Jaringan Teknologi: Driving pengembangan klaster Komputer gede Telah Kemajuan Teknologi Dalam, Yang berkaitan DENGAN Jaringan, penurunan harga DENGAN Bersama Teknologi tersebut.

Cluster komputer biasanya terhubung melalui jaringan area tunggal virtual lokal (VLAN), dan jaringan memperlakukan setiap komputer sebagai node yang terpisah. Cluster Komputer biasanya terhubung melalui Jaringan Area Lokal tunggal maya (VLAN), murah Jaringan Komputer memperlakukan setiap simpul sebagai Yang terpisah. Informasi dapat melewati seluruh jaringan-jaringan dengan lag sangat sedikit, memastikan bahwa data tidak bottleneck antara node. Informasi dapat melewati Seluruh Jaringan-Jaringan DENGAN lag sangat Sedikit, memastikan bahwa data yang Tidak kemacetan ANTARA simpul.

Skalabilitas: Mungkin keuntungan terbesar dari cluster komputer adalah skalabilitas yang mereka tawarkan. Skalabilitas: Ujug keuntungan terbesar Dari Komputer adalah skalabilitas cluster yang mereka tawarkan Yang. Sementara komputer mainframe memiliki kapasitas pengolahan tetap, cluster komputer dapat dengan mudah diperluas sebagai perubahan persyaratan dengan menambahkan node tambahan ke jaringan. Sementara Komputer mainframe memiliki Kapasitas pengolahan Tetap, cluster Komputer dapat diperluas sebagai DENGAN Mudah perubahan persyaratan DENGAN menambahkan simpul Tambahan ke Jaringan.

Ketersediaan: Ketika komputer mainframe gagal, seluruh sistem gagal. Ketersediaan: Ketika Komputer mainframe Gagal, Seluruh Sistem Gagal. Namun, jika sebuah node dalam sebuah cluster komputer gagal, operasi dapat hanya ditransfer ke node lain dalam cluster, memastikan bahwa tidak ada gangguan dalam pelayanan. Namun, jika simpul Sebuah klaster Dalam, Sebuah Komputer Gagal, Operasi dapat ditransfer ke simpul Hanya Dalam, cluster yang lain, memastikan bahwa Tidak ada Gangguan Dalam, Pelayanan.


sumber referensi :
http://dotexe.wordpress.com/2009/01/28/apa-itu-computer-cluster/
http://translate.googleusercontent.com/translate_c?hl=id&prev=/search%3Fq%3Dcomputer%2Bclustering%26hl%3Did%26sa%3DX%26biw%3D1024%26bih%3D578%26prmd%3Divns&rurl=translate.google.co.id&sl=en&u=http://www.bestpricecomputers.co.uk/glossary/cluster-computing.htm&usg=ALkJrhg8Cx1RWHvD-_IzCxhahBzWb43NlA

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar